Sosialisasi & Peluncuran Penyaluran Program Rastra Tahun 2017

 

Gubernur Kalimantan Utara Dr. H. Irianto Lambrie membuka acara Sosialisasi dan Peluncuran Program Rastra yang dilaksanakan pada tanggal 19 April 2017 bertempat di gedung serbaguna Kantor Walikota Tarakan, dihadiri Bupati dan Walikota se-Kalimantan Utara, Muspida, Perum Bulog Divre Kaltim dan Kaltara, Tim Koordinasi Rastra Provinsi dan Kabupaten Kota se-Kaltara. Penyaluran ditandai dengan penyerahan secara simbolis kepada perwakilan penerima Rastra dari Kota Tarakan.

Gubernur menyampaikan kebutuhan pangan sangat penting, berbagai masalah bisa muncul dari persoalan pangan, maka dari itu Pemerintah sangat memberikan perhatian pada persoalan kebutuhan pangan. Salah satu solusi untuk pemenuhan kebutuhan pangan kepada masyarakat melalui program Rastra dan berharap memperhatikan beberapa hal yaitu tepat sasaran, tepat waktu, tepat administrasi dan juga tepat harga. Terkait dengan data kemiskinan agar program-program yang dilaksanakan tepat sasaran.

Program Rastra memberikan beberapa manfaat penting diantaranya yaitu meningkatkan ketahanan pangan, penanggulangan kemiskinan, mengendalikan inflasi serta untuk stabiisasi harga baru di pasar.

Alokasi Pagu Rastara Kaltara tahun 2017 mengalami penurunan 7,37% dari tahun sebelumnya, artinya upaya Pemerintah mengurangi warga miskin bisa dinilai berhasil.

Pagu Rastra Provinsi Kalimantan Utara tahun 2017 sebagai berikut :

Pagu total untuk Kaltara 4.155.480 Kilogram
Kota Tarakan : 1.070.100 Kilogram
Kabupaten Bulungan : 768.240 Kilogram
Kabupaten Nunukan : 1.587.960 Kilogram
Kabupaten Malinau : 570.960 Kilogram
Kabupaten Tana Tidung : 158.220 Kilogram
Jumlah keluarga penerima manfaat Rastra sebanyak 23.086 KPM

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *